Sejarah Lahirnya Land Cruiser, Terjual Lebih dari 10 Juta Unit di Dunia Setelah 68 Tahun

Land Cruiser, nama yang tidak pernah absen dalam line up Toyota. Jip legendaris ini ternyata terjual lebih dari 10 juta unit di seluruh dunia sejak. Mengawali karir sebagai kendaraan militer, hingga kini selalu hadir dengan DNA utilitarian yang tak pernah luntur. Ia juga merupakan mobil Jepang pertama yang masuk Indonesia.

Cerita sang penjelajah daratan ini dimulai 68 tahun yang lalu. Berawal ketika Amerika meminta Toyota untuk memproduksi kendaraan perang sesuai spesifikasi Willys. Toyota pun mengembangkan “Jeep” versi mereka pada 1951, Toyota BJ lahir, saat terjadi perang Korea. Mengetahui kapabilitasnya, angkatan polisi paramiliter Jepang (National Police Reserve) mempercayakan Jip ini sebagai kendaraan operasional.

Ketangguhan Toyota BJ dibuktikan dengan pendakian menuju puncak Gunung Atago, Jepang. Juga dilakukan pendakian hingga puncak keenam Gunung Fuji, mengikuti rute yang sama dengan sejarah Samurai.

Penamaan Land Cruiser sendiri pertama kali dipakai saat kelahiran generasi penerusnya, model 20, yang didesain untuk kebutuhan sipil. Ia menjadi jip pertama yang diekspor untuk umum pada 1955, dengan rata-rata pengiriman 100 unit per tahun. Jumlah permintaan pun kian meningkat hingga mencapai 1.000 unit ekspor di pertengahan 1960-an. Tepat pada 1980, penjualan jip tangguh ini berhasil menembus batas 1 juta unit di seluruh dunia. Setelah melalui 14 kali perubahan model selama 68 tahun, penjualan global meraih 10 juta unit. Dipercaya sekitar 170 negara dengan rata-rata penjualan 400.000 unit per tahun.

Tidak perlu heran kenapa Land Cruiser punya pasar sebesar itu. Mobil ini dengan ketangguhan, kesederhanaannya sangat bisa diandalkan di berbagai medan. Penggunanya pun jadi beragam. Mulai dari petani, pejabat, militer hingga kriminal.

Pionir di Indonesia

Jip asal Jepang ini juga punya cerita menarik di Indonesia. Ia hadir sebagai inisiator masuknya mobil-mobil jepang ke Tanah Air. Mengutip dari buku karangan James Luhulima, yang bertajuk Sejarah Mobil & Kisah Kehadiran Mobil di Negeri Ini,” Jip Toyota canvas merupakan mobil Jepang pertama yang masuk ke Indonesia itu betul. Namun, sesungguhnya mobil itu masuk ke Indonesia empat tahun lebih awal, tepatnya pada 1961.”

Sebanyak 100 unit Jip Toyota dipesan oleh Jong Soemardijo, yang kala itu menjabat sebagai Kepala Biro Perlengkapan dan Pembelian Departemen Transmigrasi, Koperasi dan Pembangunan Masyarakat Desa. Mobil ini dibagikan kepada instansi koperasi di seluruh Indonesia pada saat penyelenggaraan Musyawarah Nasional Koperasi di Surabaya. Jip Toyota menjadi pilihan terbaik sebab keterbatasan anggaran yang tersedia. Banderolnya saat itu sekitar Rp 112.000 per unit, lebih terjangkau dari Willys yang dijual Rp 350.000 maupun Land Rover, Rp 450.000.

Stay Connected

Model Terpopuler

New Calya
8 Type
Dilihat: 745x
New Agya
5 Type
Dilihat: 452x

Rekening Pembayaran

BANK Centra Asia (BCA)
No Rekening 0390.983.832
A/N. PT. Astra International Tbk

JEJAK PENGUNJUNG

24396
Hari ini : 26
Kemarin : 36
Bulan ini : 935
Tahun ini : 10299
Who's Online : 3