Review Toyota Raize 2020: Wajah Baru SUV Mungil Toyota

Toyota Raize 2020 hadir sebagai sebuah SUV mungil dengan panjang kurang dari empat meter, yang memberikan opsi SUV yang terkenal dengan kepraktisannya namun dengan dimensi kompak yang mudah dikendarai.

Toyota Raize 2020 merupakan mobil kompak pertama yang dibangun menggunakan DNGA (Daihatsu New Generation Architecture), platform khusus untuk mobil kompak baik dari Toyota dan Daihatsu, yang juga menghasilkan Daihatsu Rocky yang diluncurkan dalam waktu hampir bersamaan.

Secara dimensi, Toyota Raize 2020 mengingatkan kita pada sosok RAV4, sosok SUV kompak yang pertama kali memulai debutnya pada tahun 90-an, khususnya pada dua generasi awal yang memiliki panjang mobil tidak sampai 4,3 meter.

EKSTERIOR Toyota Raize 2020

Review Toyota Raize 2020: Eksterior Depan

Fascia depan Toyota Raize 2020 menghadirkan kesan maskulin dengan banyaknya sudut tegas, desain grill mengadopsi bentuk trapesium, yang sama seperti mobil-mobil Toyota saat ini. Sepintas, Toyota Raize tampak seperti baby Rav4 dengan kemiripan tampang depan kedua mobil.

Turun sedikit ke bawah, finishing bumper Toyota Raize 2020 didominasi warna hitam dengan material plastik yang semakin menonjolkan kesan SUV mobil ini, yang juga ada di bagian samping dan belakang mobil.

Lampu depan Raize sudah berteknologi LED Headlights dengan DRL (Daytime Running Lights) dan lampu sign sequential yang menyala dari sisi dalam menuju sisi luar. Hal ini memberikan kesan modern dan canggih pada SUV mungil ini.

Review Toyota Raize 2020: Eksterior Samping

Toyota Raize 2020 memiliki dimensi yang cukup kompak, dengan panjang 3.995 mm dan lebar 1.695 mm. Meski demikian, tampilan mobil ini terasa gagah seperti SUV pada umumnya, hal ini dikarenakan penggunaan pelek berukuran besar 17 inci dan juga fender yang cukup besar. Tidak hanya gagah, Raize juga terlihat modern dengan pillar B yang diberi finishing hitam, dan pillar D yang cukup tipis yang juga diwarnai hitam. Sepintas, bagian belakang mirip seperti Toyota Fortuner.

Review Toyota Raize 2020: Eksterior Belakang

Sama seperti bagian depan, fascia belakang Toyota Raize 2020 didominasi guratan garis-garis tegas dengan sentuhan plastik hitam di bagian bumper bawah, yang juga menjadi housing dari sensor parkir sebelah kanan dan kiri. Desain lampu belakang dibuat memanjang, dengan lampu sign diletakan di tengah LED stop lamp di bagian atas dan bawah lampu. Adapun bagian tengahnya mendapat finishing hitam glossy.

INTERIOR Toyota Raize 2020

Berbeda dari eksterior yang memiliki perbedaan cukup banyak antara Raize dan Rocky, interior keduanya tampak sangat identik, mungkin hanya emblem dan detail-detail kecil saja yang membedakan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan interior Toyota Raize 2020 berikut ini.

Review Toyota Raize 2020: Dashboard dan Kemudi

Masuk ke dalam, Toyota Raize memiliki desain interior yang cukup modern. Layoutnya sama seperti Daihatsu Rocky, di mana kisi-kisi AC samping memiliki bentuk heksagonal. Kemudahan akses untuk pengemudi juga diperhatikan dengan konsol tengah yang tampak sedikit menjorok ke arah pengemudi.

Dengan layout driver oriented, konsol tengah Toyota Raize memudahkan pengemudi untuk mengatur berbagai hal, mulai dari AC yang sudah digital, mengatur kisi-kisi AC tengah, dan juga mengoperasikan layar multimedia 9 inci yang sudah bisa terintegrasi dengan bluetooth dan smartphone.

Untuk lingkar kemudi, Toyota Raize 2020 menggunakan setir palang tiga yang dilengkapi fitur audio steering switch dan cruise control. Salah satu hal menarik dari bagian ini adalah instrumen cluster digital yang menggunakan layar LCD 7 inci.

Anda dapat mengubah tampilan instrumen cluster ke dalam empat mode pilihan, yakni advanced, exciting, simple, sampai tampilan konvensional khas Analog.

Review Toyota Raize 2020: Kursi & Kepraktisan

Toyota Raize memiliki layout kursi 2+3, di mana ketiga pengemudi baris kedua memiliki akomodasi yang proper dengan adanya headrest dan sabuk pengaman tiga titik. Sayangnya, bagian tengah baris kedua tidak bisa dialih fungsikan menjadi handrest jika di belakang hanya memuat dua orang saja.

Selain akomodasi headrest dan sabuk pengaman tiga titik, penumpang baris kedua juga dimanjakan dengan jarak antara kursi baris pertama dan kedua yang cukup besar, yakni 900 mm. Dengan jarak sebesar itu, jelas legroom yang dihasilkan juga cukup memadai.

Bukan hanya soal akomodasi penumpang, Toyota Raize juga punya fleksibilitas untuk ruang bagasi karena deck board yang memiliki dua pengaturan ketinggian. Saat posisinya diletakan di bawah, kapasitas bagasi menjadi 369 liter, sementara itu jika Anda membutuhkan konfigurasi rata lantai, deck board bisa dinaikkan ke atas dan bisa mengakomodir kabin rata lantai dengan pelipatan kursi baris kedua 60:40.

FITUR Toyota Raize 2020

Setelah membahas bagian eksterior dan interior, saatnya beralih ke fitur Toyota Raize 2020. Baik itu fitur hiburan, fitur keselamatan, dan juga fitur berkendara.

Review Toyota Raize 2020: Fitur Hiburan

Untuk fitur hiburan, Toyota Raize 2020 memberikan opsi kepada para pemiliknya berupa head unit multimedia dengan layar sentuh sebesar 9 inci, yang mendukung konektivitas smartphone dengan fitur SmartDeviceLink. Selain itu head unit ini juga dapat terkoneksi dengan Apple Car Play.

Review Toyota Raize 2020: Fitur Keselamatan & Berkendara

Toyota Raize mengadirkan next generation smart assist yang memberikan kemudahan dan rasa aman bagi para pengemudi saat mengendarai Raize.

Untuk fitur berkendara, Toyota Raize dilengkapi Adaptive Cruise Control dengan all speed tracking untuk mengikuti dan menjaga jarak mobil di depannya. Selain itu, hadir juga fitur smart panorama parking assist yang memberikan bantuan berupa suara, gambar petunjuk, sampai pengarahan setir saat parkir.

Bukan hanya fitur berkendara, fitur keselamatan seperti collision warning function dan crash avoidance braking function dapat mendeteksi baik pejalan kaki ataupun mobil lainnya. Selain itu, ada fitur unik Errornous Start Prevention Function dengan braking control yang dapat mengurangi dampak kecelakaan saat secara tidak sengaja menginjak pedal gas, bukan rem saat parkir.

OPERASI Toyota Raize 2020

Toyota Raize 2020 menggunakan mesin 3-silinder turbo berkapasitas 1 liter 1KR-VET yang menghantarkan tenaga puncak 98 HP pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm yang didapat pada rentang 2.400-4.000 rpm. Daya mesin yang dihasilkan tersebut diantarkan ke roda penggerak melalui transmisi Dual-CVT (D-CVT). Raize hadir dalam dua opsi pilihan penggerak roda, yakni FWD dan 4WD.

Untuk model 4WD, Toyota Raize mendapatkan Dynamic Torque Control. Di mana saat berakselerasi dari stop dan berkendara di lintasan yang licin, fitur ini mendistribusikan torsi secara optimal pada roda belakang tergantung kondisi mobil dan jalanan.

Stay Connected

Model Terpopuler

New Calya
8 Type
Dilihat: 745x
New Agya
5 Type
Dilihat: 452x

Rekening Pembayaran

BANK Centra Asia (BCA)
No Rekening 0390.983.832
A/N. PT. Astra International Tbk

JEJAK PENGUNJUNG

24394
Hari ini : 24
Kemarin : 36
Bulan ini : 933
Tahun ini : 10297
Who's Online : 1