Perkiraan Biaya Perawatan Mobil untuk Satu Tahun

Komponen mobil yang wajib dicek secara berkala dan rincian biayanya

Dilansir dari berbagai portal berita otomotif, berikut adalah komponen mobil yang wajib kamu cek saat melakukan servis berkala:

  • Aki

Salah satu bagian mendasar dan paling penting nih. Aki berfungsi memberikan pasokan listrik yang mampu membuat seluruh fungsi mobil bekerja secara normal. Penggantian aki biasanya dilakukan setelah dua hingga tiga tahun kalau sudah mulai soak dan menimbulkan masalah kelistrikan. Kisaran harga aki mobil antara Rp600–800 ribu.

  • Oli Mesin

Tugas oli mesin adalah untuk melumasi dan menjaga bagian dalam mesin bekerja dengan baik. Selain itu, oli juga berfungsi sebagai pendingin mesin. Karena sudah bekerja keras sejak awal, oli sebaiknya diganti pada 1.000 km pertama dan wajib diganti secara berkala. Rata-rata harga ganti oli mobil adalah Rp500 ribuan.

  • Lampu

Sebagai alat penerangan sekaligus komunikasi antar-mobil, lampu tentulah sangat penting. Yang harus dijaga dari lampu mobil adalah memastikan kacanya tetap bening, supaya sinarnya maksimal. Atau menggantinya sama sekali kalau filamennya putus. Biayanya kira-kira Rp300–500 ribu.

  • Kanvas Rem

Penggunaan mobil dengan intensitas kemacetan yang tinggi, bikin kanvas rem kerja maksimal. Jadinya, lebih cepat aus. Supaya rem mobil selalu menggigit, penggantian kanvas rem biasanya disesuaikan dengan waktu pemeriksaan rutin, setiap 20.000 km atau 9—12 bulan sekali. Harga kanvas rem berkisar antara Rp200—280 ribu.

  • Busi

Di kendaraan bermotor, busi berfungsi untuk memantik api agar pembakaran dalam mesin dapat berjalan. Apabila busi sudah kotor, pemantikannya jadi ngadat dan mobil pun nggak bisa di-starter. Seperti kanvas rem, penggantian busi umum dilakukan di jarak pemakaian 20.000 km hingga 50.000 km.  Kisaran biaya ganti busi cukup terjangkau, di angka Rp 70 ribuan.

  • Kanvas Kopling

Fungsi kanvas kopling adalah membantu mengirimkan tenaga mesin ke roda. Apabila tuas gigi atau tenaga mesin sering selip, itu bisa jadi pertanda bahwa kampas kopling sudah tipis.  Kanvas kopling sebaiknya diganti saat memasuki 10.000 dan 50.000 km atau setiap perawatan rutin. Harga kanvas kopling untuk mobil MPV seperti Ertiga dan Avanza itu sekitar Rp1,35–1,8 juta. Dan biaya servisnya sendiri antara Rp500–1 juta.

  • Balancing dan spooring

Spooring adalah proses meluruskan kedudukan empat roda mobil seperti factory setting. Sedangkan balancing bertujuan untuk menyeimbangkan kembali putaran masing-masing roda supaya nggak ada yang berat sebelah. Biasanya dilakukan setelah penggantian ban atau velg. Spooring dan balancing untuk city car dan MPV biasanya dipatok antara Rp225–500 ribu.

Servis rutin normalnya berdasarkan jumlah kilometer tempuh

Selain dalam kurun waktu, servis berkala biasanya juga didasarkan atas kilometer tempuh mobil.  komponen yang diperiksa berdasarkan jarak tempuh mobil dapat digolongkan sebagai berikut.

1. Mencapai 1.000 kilometer

Melakukan pengecekan terhadap chassis, body, oli mesin, sistem pendingin mesin, rem, transmisi, dan power steering.

2. Mencapai 30.000/50.000/70.000 kilometer

Melakukan pengecekan terhadap oli mesin, mesin, dan ban mobil

3. Mencapai 20.000/60.000/100.000 kilometer

Melakukan pengecekan terhadap sistem bahan bakar, sistem kemudi, dan suspense

4. Mobil mencapai 40.000/80.000/120.000 kilometer

Diagnosis terhadap busi, oli mesin, kompresor, minyak rem, filter udara, canister sistem. Apabila kondisinya sudah aus/rusak, segera ganti komponen tersebut

 5. Berapa perkiraan biayanya per tahun?

Setiap mobil memiliki biaya perawatan yang berbeda-beda, tergantung jenis dan pemakaiannya. Mobil MPV seperti All New Ertiga misalnya, hanya butuh total Rp 1.474.000 per tahun, dengan asumsi pemakaian 20 ribu/tahun. Jumlah ini sudah mencakup biaya jasa servis dan pembelian spare part. Kemudian, untuk Toyota Rush sekitar Rp1.883.000. Untuk Toyota Yaris, hanya di angka Rp944.900 dengan servis mencakup spooring, ganti filter oli, oli mesin, gasket plug, balancing, dan ganti busi.

Walaupun sudah terbayang berapa masing-masing jenis kendaraan membutuhkan biaya untuk servis, tapi biaya servis mobil itu fluktuatif alias bisa berubah-ubah tergantung kebijakan brand. kondisi ekonomi, situasi dan kondisi pemerintahan, atau kondisi lain seperti nilai tukar mata uang, faktor harga bahan bakar, hari raya, musim liburan sekolah, kenaikan upah dan lain-lain bisa berpengaruh.

Jadi, ingat-ingat ya, saat memutuskan untuk membeli mobil, pengeluaran yang harus diperhitungkan itu nggak hanya saat bayar DP, cicilan bulanan, dan bahan bakar saja. Namun, kamu pun harus mempertimbangkan biaya servis rutin yang nggak kecil.

Stay Connected

Model Terpopuler

New Calya
8 Type
Dilihat: 504x
New Agya
5 Type
Dilihat: 289x

Rekening Pembayaran

BANK Centra Asia (BCA)
No Rekening 0390.983.832
A/N. PT. Astra International Tbk

JEJAK PENGUNJUNG

16416
Hari ini : 40
Kemarin : 47
Bulan ini : 255
Tahun ini : 2319
Total Kunjungan : 16416
Hits Hari ini : 98
Total Hits : 51906
Who's Online : 1