Mengupas Teknologi Canggih Milik Toyota Fortuner Termahal

Toyota Fortuner dijual dalam banyak pilihan, salah satunya 4×4 2.4 VRZ A/T DSL. Inilah varian tertinggi yang menggunakan penggerak 4×4. Dengan banderol Rp 668,150 juta (OTR Jakarta), beragam teknologi disematkan untuk membantu mobil melintasi jalur ekstrem, sekaligus menawarkan kenyamanan.

Berpenggerak 4×4, Fortuner VRZ dilengkapi transfer case yang dapat diatur dengan mudah melalui Easy 4×4 Switch. Bentuknya berupa kenop putar. Tak seperti mobil dulu yang memakai model tuas, pengemudi tak perlu tenaga lebih untuk mengatur sistem penggerak.

Untuk memudahkan pengendalian di jalur ekstrem, penggerak 4×4 Fortuner VRZ turut didukung Differential-lock. Ia berfungsi mengunci ban di kedua sisi agar berputar dalam kecepatan sama. Sehingga traksi yang didapatkan lebih maksimal, ketimbang membiarkan satu roda bekerja sendirian.

Hill Assist Control (HAC) dan Downhill Assist Control (DAC) membuat mobil lebih mudah dikendalikan di tanjakan. HAC mencegah kendaraan mundur saat pengemudi memindahkan kaki dari pedal rem ke gas. Sistem menahan pengereman dalam beberapa saat, sampai akhirnya akselerasi didapat. Sebaliknya, DAC membantu menahan laju saat turun di tanjakan dengan membaca sudut kemiringan. Ia mengontrol keluaran tenaga mesin, sekaligus mengaplikasi pengereman secara otomatis. Pengemudi bahkan tak perlu mengaplikasikan pedal akselerasi atau rem.

Tak ketinggalan, pengendalian juga diperkuat Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD). Keduanya mencegah terjadinya selip. Begitu pula Vehicle Stability Control (VSC) yang menjaga mobil dari risiko understeer dan oversteer saat bermanuver. Ada tambahan berupa Active Traction Control (A-TRC), ini adalah perangkat pintar yang mengizinkan Fortuner mengontrol perputaran masing-masing ban. Sebagai contoh ketika salah satu roda melewati genangan air, fitur secara otomatis langsung mengurangi keluaran tenaga, dan mengaplikasikan pengereman ke komponen itu. Mobil pun terhindar dari bahaya kehilangan kendali atau bahkan melintir.

Fitur canggih lain yang yaitu Trailer Sway Control. Mungkin ia bakal jarang aktif, lantaran di Indonesia tak banyak mobil yang digunakan menarik trailer. Tapi teknologi ini memastikan kendaraan melaju dengan aman dan stabil, karena secara aktif sistem mengantisipasi pergerakan trailer di belakang, melalui pengontrolan rem dan keluaran tenaga mesin.

Perangkat keselamatannya lebih mumpuni karena tak hanya memiliki empat airbag, tapi enam buah. Selain ada dua di depan dan lutut, Fortuner VRZ 4×4 ditambahkan empat kantung udara lagi di sisi baris depan seluruh jendela (curtain). Hal ini memastikan seluruh penumpang di dalam tetap aman ketika mengalami insiden yang tak diinginkan dari berbagai sisi.

Kemudahan pengemudi mengakses mobil ditopang fitur keyless. Ini dipadukan dengan Smart Entry yang mengeliminasi anak kunci konvensional ketika membuka atau mengunci mobil. Dengan menekan tombol yang ada di gagang pintu, proses menjadi lebih praktis. Kemudian ketika menyalakan atau mematikan mesin memakai Engine Start Stop Push Button.

Stay Connected

Model Terpopuler

New Calya
8 Type
Dilihat: 691x
New Agya
5 Type
Dilihat: 419x

Rekening Pembayaran

BANK Centra Asia (BCA)
No Rekening 0390.983.832
A/N. PT. Astra International Tbk

JEJAK PENGUNJUNG

22928
Hari ini : 19
Kemarin : 57
Bulan ini : 1345
Tahun ini : 8831
Who's Online : 2