Mengetahui Penyebab Kaca Mobil Macet dan Cara Mengatasinya

Mobil-mobil keluaran terkini sudah dibekali dengan power window. Komponen ini bertujuan untuk membuka dan menutup kaca jendela.

Namun sama seperti komponen mobil lainnya, seiring berjalannya waktu, power window juga bisa bermasalah sehingga menyebabkan kaca mobil jadi macet saat sedang digunakan. Nah, untuk mengetahui penyebabnya, berikut masalah yang ada di power window dan bagaimana cara mengatasinya.

Power window rusak

Penyebab kaca mobil macet yang pertama adalah karena bagian power window rusak. Buat yang belum tahu, power window merupakan salah satu bagian perangkat alat elektronik yang mempunyai fungsi untuk menaik turunkan kaca mobil secara otomatis.

Rusaknya kaca mobil biasanya disebabkan karena bagian power window tidak menjalankan fungsinya dengan baik yang mengakibatkan kaca mobil menjadi macet. Penyebab utama rusak power window yakni fuse atau sekring ada yang korsleting. Nah, jika sekring korslet maka dipastikan power window akan rusak dan tidak akan berfungsi lagi.

Korsleting power window

Penyebab kaca mobil macet yang berikutnya adalah korsleting power window. Korsleting ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, yakni saklar yang terbakar hingga plastik pada saklar yang aus sehingga menjadi penyebab tidak maksimalnya fungsi dari power window.

Motor power window yang bermasalah

Jika kelistrikan dan saklar normal, masalah selanjutnya yang terjadi mungkin ada pada motor atau regulator power window. Biasanya, komponen ini sudah lemah atau sudah mengalami aus di geriginya. Satu-satunya caranya, adalah dengan mengganti motor power window.

Regulator power window berfungsi sebagai penggerak kaca. Jika regulator tersebut bermasalah, kaca tidak akan bisa turun ataupun naik.

Kurangnya perawatan

Penyebab yang terakhir adalah kurangnya perawatan. Yap, sama seperti komponen mobil lainnya, kamu juga wajib melakukan perawatan berkala pada bagian yang satu ini.

Pasalnya, tanpa kamu sadari, debu akan bersarang pada bagian power window dan lama-lama akan menyebabkan kaca tersebut menjadi macet. Maka dari itu, sudah sewajarnya kamu sering membersihkan kaca mobil dengan cara mencucinya secara rutin. Tidak berhenti sampai disitu, rajin mencuci dan membersihkan kaca juga bisa mengurangi risiko terjadinya baret pada kaca film mobil kesayangan kamu.

Cara mengatasi kaca jendela mobil yang macet

Setelah mengetahui apa saja hal yang menyebabkan kaca mobil jadi macet saat digunakan, sekarang waktunya untuk memahami bagaimana cara mengatasi hal tersebut.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Langkah pertama adalah kamu wajib menyiapkan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan, mulai dari kain lap, minyak goreng, hingga sikat gigi bekas. Selain minyak goreng, kamu juga bisa menggunakan cairan semir ban.

Setelah semua peralatan tempur siap, sekarang waktunya memeriksa karet jendela mobil yang bentuknya seperti beludru di tempat dudukan kaca di sekeliling pintu bagian atas. Jika sudah, segera bersihkan atau sikat bagian dalam karet dengan sikat gigi agar kotoran yang menempel bisa hilang.

Lebih lanjut, teteskan minyak goreng ke lap dan lap bagian karet yang sudah dibersihkan oleh sikat gigi tadi. Nah, langkah terakhir adalah lap kembali sisa-sisa minyak yang menempel di karet menggunakan lap kering sampai bersih.

Itu dia beberapa hal yang bisa menyebabkan kaca mobil jadi macet saat sedang digunakan dan bagaimana cara mengatasinya. Nah, kamu punya masalah serupa? Selamat mencoba tips yang sudah dijelaskan tadi, ya.

Stay Connected

Model Terpopuler

New Calya
8 Type
Dilihat: 886x
Hilux Double Cabin
3 Type
Dilihat: 546x

Rekening Pembayaran

BANK Centra Asia (BCA)
No Rekening 0390.983.832
A/N. PT. Astra International Tbk

JEJAK PENGUNJUNG

28232
Hari ini : 37
Kemarin : 60
Bulan ini : 911
Tahun ini : 14135
Who's Online : 1