Lakukan Cara Merawat Mesin Mobil Ini Agar Performa Tetap Stabil

Lakukan Cara Merawat Mesin Mobil Ini Agar Performa Tetap Stabil

1. Ganti Oli Mobil Anda Secara Berkala

Agar mesin tetap dalam kondisi prima, maka pastikan oli mobil berada dalam kondisi yang baik. Ganti oli mobil secara berkala sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan pada masing-masing mobil. Umumnya, mobil mempunyai aturan tersendiri dalam penggantian oli, mulai dari penggantian oli, jenis oli hingga jarak tempuh kendaraan, yaitu antara 3000 hingga 5000 km.

2. Cek Kondisi Radiator

Bagi mesin, radiator mempunyai peranan yang sangat penting untuk tetap menjaga agar suhu mesin dalam kondisi stabil sehingga tidak terlalu panas yang dapat mengakibatkan terjadinya overheating. Jika air radiator atau coolant tidak berfungsi dengan normal, maka mesin akan cepat panas sehingga menimbulkan kerusakan yang fatal. Oleh karena itu selalu perhatikan dan cek kondisi air radiator. Selain itu, cek kondisi radiator dari kebocoran.

3.Cek Kondisi Filter Saringan Karburasi

Jika mobil Anda sulit dihidupkan, coba Anda lakukan pengecekan pada saringan filter karburasi. Sebab ada kemungkinan filter tersebut kotor sehingga perlu untuk dibersihkan. Untuk membersihkannya juga cukup mudah, Anda cukup menggunakan sikat gigi bekas yang Anda gosokkan secara perlahan untuk membuang kotoran serta kerak-kerak yang menempel pada saringan tersebut. Hindarilah meniup saringan menggunakan kompresor atau hairdryer sebab akan mengakibatkan kerusakan.

4. Buang Kerak-kerak Kotoran yang Menempel Pada Mesin

Di bagian dalam mesin mobil, khususnya yang tidak pernah melakukan perawatan mesin, biasanya terdapat kerak yang menempel pada mesin mobil. Karena itu, usahakan untuk membuang kerak kotoran tersebut dari mesin mobil dengan cara menginjak pedal gas Anda lebih dalam yang akan membuat kerak pada mesin menjadi rontok dan akan keluar melalui lubang knalpot. Hal ini merupakan cara merawat mesin mobil sederhana yang bisa Anda lakukan.

5. Isi Penuh Tangki Bensin Mobil Anda

Banyak orang tidak pernah mengisi tangki bahan bakar hingga penuh, hal ini ternyata dapat membuat bagian atas tangki penuh dengan kerak dan kotoran yang akan sangat berbahaya jika sampai terbawa hingga ke saluran pembakaran. Oleh karena itu, sesekali isilah tangki bahan bakar Anda hingga penuh agar bagian atas tangki tetap bersih.

Stay Connected

Model Terpopuler

New Calya
8 Type
Dilihat: 886x
Hilux Double Cabin
3 Type
Dilihat: 547x

Rekening Pembayaran

BANK Centra Asia (BCA)
No Rekening 0390.983.832
A/N. PT. Astra International Tbk

JEJAK PENGUNJUNG

28236
Hari ini : 41
Kemarin : 60
Bulan ini : 915
Tahun ini : 14139
Who's Online : 1