3 Tips Mudah Merawat Per Mobil Toyota Calya

Kondisi per mobil Toyota Calya yang prima sangat menentukan kenyamanan yang kamu dapatkan selama berkendara. Karena itu, penting untuk selalu merawat komponen yang satu ini. Apalagi, jika sudah bermasalah, biaya yang harus kamu keluarkan tidak sedikit.

Sesungguhnya merawat per mobil Toyota Calya adalah perkara mudah. Yang paling penting adalah menerapkan beberapa tips sederhana untuk menjaga kondisinya tetap bagus dan bisa dipakai lebih lama.

Apa saja tips sederhana yang dimaksud? Langsung saja simak di bawah ini:

1. Jangan berlebihan membawa beban

Seperti diketahui Toyota Calya adalah mobil 7 penumpang. Meski begitu, kamu tetap harus membatasi beban maksimal di dalam kabin. Jika memungkinkan, kursi baris paling belakang hanya diisi oleh anak-anak saja.

Sudah bukan rahasia lagi jika per belakang Toyota Calya terlihat amblas saat menopang beban berat. Kamu bisa mengganti per belakang ini dengan per aftermarket yang memiliki performa lebih baik.

Carilah per aftermarket dengan spesifikasi yang persis sama, baik dalam hal ukuran maupun tingginya. Hal ini akan jauh lebih memudahkan pemasangan. Dengan kata lain, tinggal plug & play saja.

Walaupun demikian, bukan berarti per yang berbeda spesifikasi tidak bisa dipasang. Sebenarnya tidak menutup kemungkinan, tapi tentunya akan ada usaha dan biaya ekstra yang harus kamu keluarkan.

Ada cukup banyak brand per mobil terkenal di pasaran yang bisa kamu pilih. Tapi perlu digarisbawahi, kamu tidak harus membeli produk dari brand aftermarket untuk mendapatkan performa lebih dan kenyamanan ekstra.

Per standar pabrik dari mobil tipe lainnya ada juga yang bisa dipasang langsung pada Cayla karena memiliki ukuran dan tinggi yang sama. Contohnya per milik Suzuki Escudo. Selain itu, kamu juga bisa memasang per Toyota Etios meski harus melalui sedikit modifikasi.

Namun jika belum ada dana, yang bisa kamu lakukan adalah menjaga beban di dalam kabin agar tidak melebihi kapasitas yang dianjurkan. Baca buku panduan atau bertanya langsung dengan mekanik di bengkel untuk mengetahui batas maksimal yang masih bisa ditoleransi.

2. Berkendaralah dengan santai

Gaya berkendara sangat berpengaruh terhadap daya tahan dari per mobil Toyota Calya. Meskipun kamu sudah menempuh jarak puluhan ribu kilomter, jika kamu selalu berkendara dengan santai besar kemungkinan per tetap awet.

Yang paling penting, terutama di musim hujan seperti sekarang ini, adalah tidak menghantam jalanan yang rusak atau berlubang. Benturan yang keras ketika melewati lubang yang dalam bisa berdampak buruk pada per mobil Toyota Calya kamu!

Jika memang kamu terpaksa melewati jalan tersebut, usahakan selalu menjaga kecepatan di level yang rendah. Dengan begitu, benturan dan guncangan yang terjadi tidak terlalu membebani per mobil kamu.

3. Lakukan servis sesuai jadwal

Toyota pastinya sudah menjelaskan jadwal kapan Toyota Calya kamu harus melakukan servis berkala. Bila kamu termasuk orang yang agak malas mengutak-atik mobil sendiri, cara paling gampang adalah langsung mendatangi bengkel resmi terdekat untuk melakukan servis sesuai waktunya.

Pasalnya, saat melakukan servis di kilometer tertentu, mekanik Toyota akan memeriksa kondisi per mobil Toyota Calya kamu. Selain itu, kamu juga bisa menjelaskan kepada mekanik tentang keluhan yang kamu rasakan terkait per mobil.

Semoga bermanfaat!

Stay Connected

Model Terpopuler

New Calya
8 Type
Dilihat: 587x
New Agya
5 Type
Dilihat: 374x

Rekening Pembayaran

BANK Centra Asia (BCA)
No Rekening 0390.983.832
A/N. PT. Astra International Tbk

JEJAK PENGUNJUNG

20020
Hari ini : 36
Kemarin : 57
Bulan ini : 612
Tahun ini : 5923
Who's Online : 2