3 Tanda Kampas Rem Toyota Avanza Harus Diganti

Kampas rem adalah spare part jenis fast moving yang akan selalu dicari oleh para pengemudi Toyota Avanza dan mobil lainnya. Pasalnya, setiap jangka waktu tertentu kamu harus menggantinya dengan yang baru untuk menjaga kualitas pengereman tetap optimal.

Yang harus kamu ketahui, jangka waktu habisnya kampas rem Toyota Avanza tidak selalu sama antara kamu dengan pemilik lainnya. Semua tergantung gaya berkendara dan frekuensi penggunaan kamu sendiri.

Jika sudah waktunya diganti, kamu harus langsung membawa Toyota Avanza kamu ke bengkel terdekat. Jangan sampai ditunda-tunda karena dapat merusak komponen lainnya di sistem pengereman, misalnya cakram.

Untuk mengetahui kapan harus mengganti kampas rem Toyota Avanza sesungguhnya amat mudah. Ada beberapa tanda yang bisa langsung kamu rasakan saat sedang mengemudi. Apa saja? Simak poin-poin di bawah ini!

1. Rem terasa semakin dalam

Salah satu tandanya adalah ketika kamu sudah harus menginjak pedal rem lebih dalam dari biasanya. Itu berarti, kampas rem Toyota Avanza kamu sudah mulai menipis, meski belum tentu habis. Ada baiknya kamu langsung menggantinya dengan yang baru jika budget memungkinkan.

Selain terasa lebih dalam, kekuatan pengereman juga semakin menurun, alias kurang pakem. Jika dibiarkan akan berbahaya bagi keselamatan kamu, khususnya ketika berkendara dengan kecepatan tinggi.

2. Mulai terdengar bunyi dan bergetar

Jika kamu merasa pedal rem sudah lebih dalam dan pengereman kurang pakem tapi belum berencana mengganti kampas rem, tanda selanjutnya yang akan muncul adalah bunyi gesekan saat melakukan pengereman, maupun setelahnya. Jika dibiarkan, gesekan tersebut akan mengikis cakram.

Pada kondisi tertentu, misalnya saat melakukan pengereman di kecepatan tinggi, kamu akan merasakan adanya getaran. Biasanya getaran ini terjadi karena kampas rem sudah habis dan tidak bisa mencengkram cakram secara sempurna.

3. Minyak rem berkurang

Ketika kamu melihat minyak rem berkurang dari kondisi terakhir kamu mengeceknya, belum tentu itu terjadi karena ada kebocoran. Bisa jadi karena memang kampas rem Toyota Avanza kamu sudah semakin tipis.

Kampas rem yang tipis akan memaksa piston untuk terdorong lebih keluar, sehingga menambah ruang hidrolik di dalam kaliper. Itulah alasan mengapa minyak rem akan terus berkurang.

Bagaimana? Cukup mudah memahami tanda-tanda kampas rem Toyota Avanza sudah harus diganti, kan? Ingat, jangan menunda-nunda karena kampas rem adalah salah satu komponen yang amat penting untuk keamanan dan keselamatan dalam berkendara!

Apalagi, saat ini Indonesia sudah mulai memasuki musim hujan yang artinya kampas rem Toyota Yaris kamu lebih gampang kotor. Hal itu bisa berdampak buruk mulai dari menimbulkan bunyi berdecit yang mengganggu hingga pengereman yang kurang optimal.

Karena itu, kamu harus rajin-rajin membersihkannya agar kotoran tidak menumpuk dan mengeras. Hanya butuh kuas untuk membersihkan kampas rem. Tapi yang jadi masalah, melepasnya yang mungkin sulit bagi sebagian orang.

Kalau kamu tidak percaya diri untuk melepas kampas rem dan membersihkannya sendiri, cara paling mudah adalah mendatangi bengkel terdekat. Yang paling penting, setelah dibersihkan kualitas pengereman akan jauh lebih baik sehingga mobil lebih nyaman dikendarai.

Stay Connected

Model Terpopuler

New Calya
8 Type
Dilihat: 502x
New Agya
5 Type
Dilihat: 287x

Rekening Pembayaran

BANK Centra Asia (BCA)
No Rekening 0390.983.832
A/N. PT. Astra International Tbk

JEJAK PENGUNJUNG

16258
Hari ini : 49
Kemarin : 48
Bulan ini : 97
Tahun ini : 2161
Total Kunjungan : 16258
Hits Hari ini : 131
Total Hits : 51470
Who's Online : 1