3 Cara Mudah Membedakan Kampas Rem Toyota Original dengan yang Palsu

Salah satu keuntungan menggunakan mobil dari brand terkenal seperti Toyota adalah mudah mendapatkan spare part di manapun. Tapi sayangnya, hal itu juga menimbulkan potensi beredarnya barang palsu yang kualitasnya tidak terjamin.

Ada cukup banyak jenis spare part palsu di pasaran. Yang paling sering ditemui adalah kampas rem. Tidak heran karena ini adalah spare part jenis fast moving dengan tingkat permintaan yang amat tinggi.

Yang lebih memprihatinkan, untuk membedakan kampas rem Toyota yang asli dengan yang palsu ternyata cukup sulit. Saat ini produsen suku cadang imitasi semakin jago meniru produk asli, sehingga butuh ketelitian ekstra untuk mencari perbedaannya.

Tapi jangan khawatir. Masih ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membedakan kampas rem Toyota asli dan palsu. Apa saja? Simak poin-poin di bawah ini!

1. Lihat kualitas kemasannya

Dalam website resminya, Toyota Indonesia menjelaskan bahwa langkah awal mendeteksi spare part palsu adalah dengan melihat warna pada kemasannya. Biasanya, warna kemasan spare part palus lebih pucat.

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan sudah ada produk palsu yang kualitas kemasannya setara dengan produk asli. Bahkan, tidak jarang kemasan kampas rem palsu juga menampilkan nomor kode yang sama dengan yang asli.

2. Perhatikan material kampas rem

Bila kamu merasa cara pertama di atas kurang membantu untuk mendeteksi kampas rem Toyota asli atau palsu, mungkin cara kedua ini bisa lebih berguna. Ya, perhatikan material pada kampas rem yang ingin kamu beli.

Kebanyakan kampas rem palsu terlihat lebih berkilau dibanding kampas rem Toyota yang asli. Mengapa? Karena produk palsu ini lebih banyak memakai material metal atau keramik. Ketika dipasang, kampas rem tersebut bakal menimbulkan bunyi berdecit yang amat mengganggu.

3. Langsung raba dengan tangan

Cara terakhir adalah dengan meraba langsung kampas rem tersebut. Kampas rem Toyota yang asli akan terasa lebih kasar saat diraba dengan tangan. Sementara yang palsu justru terasa halus. Perbedaan kualitas material menjadi penyebabnya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar tidak tertipu membeli kampas rem Toyota palsu. Agar lebih menyakinkan, pastikan selalu membeli spare part original dari toko-toko yang terpercaya. Paling mudah adalah dengan mendatangi langsung bengkel resmi Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Karena kampas rem adalah spare part kategori fast moving, kecil kemungkinan kamu akan kehabisan stok. Kalaupun harus menunggu ketersediaan barang, biasanya tidak terlalu lama. Mungkin hanya sekitar beberapa hari saja.

Stay Connected

Model Terpopuler

New Calya
8 Type
Dilihat: 691x
New Agya
5 Type
Dilihat: 419x

Rekening Pembayaran

BANK Centra Asia (BCA)
No Rekening 0390.983.832
A/N. PT. Astra International Tbk

JEJAK PENGUNJUNG

22928
Hari ini : 19
Kemarin : 57
Bulan ini : 1345
Tahun ini : 8831
Who's Online : 1